Senin, 10 November 2014

KISAH UNIK DARI ANJING TANAH ?




Semua orang tentu tahu dengan serangga satu ini, anjing tanah / orong-orong / mole 

cricket. Hewan yang mirip jangkrik dan suka menggali lubang ini ternyata memilki kisah menarik.


1.Jika serangga ini mati akan tumbuh rumput teki dari tubuhnyamungkin karena binatang ini suka memakan pangkal  rumput teki , sehingga dari tubuhnya yang sudah mati tumbuh rumput teki 

2. Terdapat tatal / serpihan kayu jati yang menyambung kepala dan tubuh orong orong ini.Begini ceritanya kenapa ada tatal / serihan kayu jati yang menyambung tubuh dan kepala orong-orong.
tiang yang terbuat dari serpihan kayu jati


Suatu ketika saat Para walisongo sedang membangun masjid agung demak, semua wali datang tepat waktu kecuali Sunan Kali Jaga.Sehingga tiang masjid yang berdiri tidak lengkap,kurang 1. 


Sunan Kalijaga kemudian mengumpulkan sisa - sisa potongan kayu yang telah digunakan sunan-sunan sebelumnya untuk melengkapi tiang tersebut.Saat Sunan sedang mengumpulkan serpihan - serpihan  kayu tersebut tidak sengaja beliau menebas leher serangga tersebut.Mungkin kalau kita yang menebas serangga ini kita seakan tidak peduli atau tidak merasa bersalah.Berbeda dengan sunan kalijaga,

Sunan Kalijaga sangat merasa bersalah karena telah membuat makhluk yang tak berdosa mati begitu saja.Sunan Kalijaga meminta maaf kepada Allah SWT. Kemudian beliau menyambung kepala dan tubuh anjing tanah dengan serpihan kayu jati.Dan atas izin Allah orong-orong tersebut hidup lagi.

Dan Legenda yang tersebar di masyarakat sekarang : Terdapat serpihan kayu pada semua keturunan orong-orong saat kita memotong kepala serangga tersebut.

Saya juga telah membuktikannya suatu ketika saya melihat anjing tanah kemudian saya patahkan leher serangga tersebut dan ternyata saya menemukan benda seperti potongan kayu.

Sayangnya saya tidak sempat memfoto kayu tersebut.Suatu saat kalau nemu lagi pasti akan saya foto.

Sekian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar