Jumat, 14 November 2014

MUSIK / SENI YANG DISUKAI 7 PRESIDEN RI



Ini dia genre musik atau seni yang disukai 7 presiden kita dari Sukarno - Jokowi :




1. Soekarno sang penyuka Musik Lenso









Sukarno yang dikenal sangat mencintai seni ini ternyata melarang diputarnya musik ngak-ngik-ngok(musik barat seperti rock pop ,dll) 
Pada tahun 60an The Beatles juga dilarang diputar di Indonesia.

Di mata Soekarno, musik-musik seperti itu bisa merusak mentalitas para remaja. Tidak hanya musik luar negeri, musik dalam negeri pun pernah mendapat larangan. Lagu-lagu dari Koes Bersaudara dan Elya Agus pernah terkena imbas larangan ini.

Pak Soekarno sendiri lebih menyukai Musik Lenso dari Minahasa dan Maluku


2.Soeharto Pecinta Musik Gending





Presiden ke 2 ini seorang pecinta Gending Jawa. Wajar saja istri suharto , Tien Soeharto adalah orang keturunan Keraton Solo.Karena itu Gending Jawasangat akrab dengan presiden ke 2 ini.


3.Habiebie tidak suka musik Rap dan Hip Hop




Presiden ke 3 ini  memiliki kecintaan terhadaap berbagai karya seni,termasuk musik.Habibie sangat suka mendengarkan segala jenis musik , tapi ada dua genre musik yang tidak ia sukai , yaitu musik Rap dan Hip Hop.


Fakta ini diambil dari buku Habiebie dan Ainun


4.Gusdur penyuka Mozart


Gus Dur lebih menyukai karya-karya klasik. Dalam hal musik, pilihannya jatuh pada Beethoven dan Mozart. Hal ini terbukti dengan banyaknya koleksi musik klasik Gus Dur yang tersimpan di kantor PBNU, Jakarta Pusat.


Bahkan, di saat kritis sebelum meninggal pun Gus Dur meminta agar didengarkan musik Beethoven. Hal itu dikatakan Wakil Bendahara Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Bambang Susanto yang menemani Gus Dur ketika dalam kondisi kritis.Sekitar pukul 11.00 WIB, Gus Dur akhirnya dibawa tim dokter ke ruang penanganan khusus setelah sebelumnya mengalami kesakitan. Di ruang khusus, dirinya hanya bisa memantau Gus Dur yang sedang ditangani tim dokter dari televisi yang disediakan pihak RSCM.


Namun sekitar pukul 15.00 WIB, salah seorang dokter meminta keluarga untuk membawakan CD musik Beethoven. Gus Dur saat itu sudah bisa bicara dan minta musik kesayangannya diputar."Terus gak berapa lama ada yang ngambilin dan langsung didengerin ke Gus Dur. Dari layar TV itu keliatan, Gus Dur lagi dengerin musik dengan headset. Jadi di kupingnya dikasih headset buat dengerin musik," ujar Bambang sambil menunjukkan foto yang dia ambil saat Gus Dur terbaring dan mendengarkan musik klasik itu.Kegemaran Gus Dur mendengarkan Beethoven bahkan sampai dijadikan humor. 


Humor ini ditulis ulang olehBambang Haryanto, penulis buku:Komedikus Erektus. Dia menukil dari kisah wawancara wartawan dengan Gus Dur setelah dilengserkan dari kursi presiden RI keempat.Saat ditanya wartawan apakah Gus Dur menyesal ketika dilengserkan dari kursi presiden RI, dengan enteng Gus Dur menjawab. "Sama sekali tidak. Saya lebih menyesal ketika saya kehilangan 27 rekaman Simfoni Kesembilan dari Beethoven."




5.Megawati yang suka menari





Kecintaan Megawati terhadap seni ia tujukan pada seni menari. Ia sangat menggemari seni tari.


Maklum, saat Ibu Mega kecil, presiden RI ini mendapat pelajaran menari yang sangat banyak saat berada di istana. Bahkan saat ada kunjungan dari negara asing, Seokarno sering meminta Mega kecil untuk menari.


Namun dalam beberapa kesempatan, ada yang bilang Mega kerap bilang gemar mendengarkan lagu-lagu dariFrank Sinatra, salah satu legenda musik JazzAmerika Serikat.


6.SBY sang Pencipta Lagu





Ternyata Presiden SBY ini suka sekali menciptakan lagu. Dalam masa jabatannya sebagai presiden ia telah mengeluarkan beberapa album , diantaranya : Rinduku Padamu (2007), Evolusi (2009), Ku Yakin Sampai Di Sana (2010) dan Harmoni Alam Cinta dan Kedamaian (2011).


Mungkin beliau akan lebih produktif lagi dalam membuat lagu setelah tidak menjabat jadi presiden lagi .


7.Jokowi Sang rocker !!!!





Awalnya tidak ada yang menyangka bila Presiden ke-7 RI,Joko Widodo (Jokowi)itu ternyata pencinta musik rock. 


Di balikpenampilannya yang kalem, mantan wali kota Solo dan gubernur DKI Jakarta itu ternyata nge-fans dengan band rockMetallica asal Amerika Serikat. 


Bahkan waktu muda dia mengaku pernah menonton konser Metallica tahun 1993 di Jakarta. Dia mengaku beruntung tak jadi korban kerusuhan saat itu.Bahkan Politikus PDI Perjuangan ini sampai mengejar ke luar negeri jika ada grup rock favoritnya tampil."Sehingga saya sampai kadang-kadang saya kejar-kejar di Singapura sampai lihat Lamb of God, Judas Priest. 

Seneng saja,"kata Jokowi.

Ketika menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta, Jokowi juga sempat hadir menonton konser Metallica di stadion GBK. 


Dia datang mengenakan kostum khusus warna hitam, ikut berdesak-desakan bersama penonton lainnya."Kostum khusus. Yang jelas hitam kaosnya. Saya punya kaos setumpuk. 


Tadi siang saya telepon ke istri saya. Kaosnya ada di Jakarta ataumasih di Solo. Ternyata sudah ada di Jakarta. 

Mau kaos apa? Lamb of God, Megadeth, Metallica ada,"ungkapnya.Jokowi mengaku setiap kali menonton konser grup band rock selalu membeli kostum.Yang terakhir, dia bela-belain membeli kaos bergambar Guns and Roses saat nonton konser beberapa bulan lalu.

Demi melihat penampilan grup band rock yang digawangi oleh Kirk Hammett, Lars Ulrich, James Hetfiel dan Robert Trujillo, Jokowi mengaku tidak takut berdesak-desakan dengan penonton lainnya. 


Sebab, baginya menonton konser musik rock tidak boleh duduk diam.



Sekian info dari ane semoga bermanfaat ya gan ...


sumber 

: merdeka .com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar